Monday, 19 December 2011

PEMBATALAN TIKET

by : dewatatourtravel

Cara Pembatalan Tiket Pesawat


Booking tiket pesawat secara online adalah hal yang mudah, kebanyakan orang mengetahui cara booking Lion Air online, atau Garuda Air online misalnya. Namun hanya sedikit yang mengetahui bagaimana cara membatalkan tiket yang telah dibeli, karena tidak banyak yang menganggapnya penting untuk diketahui.

Perlu Anda ketahui, saat Anda membeli tiket secara online-baik melalui website resmi maskapai ataupun melalui travel agent-Anda terikat pada peraturan maskapai sebagai pihak yang menerbitkan tiket Anda. Saat Anda melakukan pembayaran tiket, berarti secara resmi Anda setuju, tunduk dan patuh terhadap ketentuan maskapai, termasuk ketentuan pembatalan tiket. Karena itu ada baiknya Anda mencari tau dan memperhatikan baik-baik peraturan kebijakan yang tertera sebelum Anda memutuskan untuk membayar tiket.

Mengetahui ketentuan pembatalan tiket mungkin tidak begitu penting saat semua rencana Anda berjalan lancar. Tapi hal itu akan menjadi sangat penting ketika tiba-tiba jadwal yang telah Anda rencanakan dengan sempurna tersebut harus berubah atau bahkan batal, saat itu Anda akan kebingungan mencari informasi bagaimana cara membatalkan tiket pesawat yang telah dibeli.
Sebenarnya semua tiket yang telah dibeli bisa dirubah jadwal keberangkatannya ataupun dibatalkan. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu :
  1. Tiket yang telah dibeli bukan tiket promo.
  2. Untuk merubah jadwal atau membatalkan tiket hubungi Call Center atau datang ke kantor penjualan maskapai bersangkutan. Tiket yang dibeli melalui Travel Agent harus diproses melalui Travel Agent.
  3. Menunjukkan print out tiket yang telah dibeli beserta tanda pengenal yang sah.
  4. Jika terjadi selisih harga antara tiket yang telah  dibeli dengan tiket baru yang akan dirubah jadwal, maka penumpang harus membayar selisih harga tersebut.
  5. Membayar biaya administrasi yang jumlahnya sesuai ketentuan masing-masing maskapai. Umumnya ketentuan tersebut didasarkan pada waktu dilakukannya pembatalan.

Jika Anda akan melakukan perubahan jadwal keberangkatan maupun pembatalan tiket, ada baiknya dilakukan sebelum 48 jam dari jadwal keberangkatan awal. Hal itu akan mengurangi besarnya biaya administrasi yang akan dikenakan nanti.

Jika Anda membeli tiket melalui travel agent, silahkan hubungi travel agent dimana anda membeli tiket tersebut. Khusus untuk pembatalan tiket karena tidak jadi berangkat, Anda dapat memilih untuk mengajukan pengembalian uang (refund) atas tiket yang telah dibayar. Selengkapnya tentang cara mengajukan refund silahkan baca di : cara refund tiket


sms center : 0898 3760 487 | call center : 031 9104 9044 | ym : dewata_tourtravel

KOMENTAR FACEBOOK