Saturday, 24 September 2011

Waspada Penipuan Tiket Online

Masyarakat pengguna jasa penerbangan harus berhati-hati dalam membeli tiket pesawat yang ditawarkan dengan harga murah oleh oknum atau travel agent gadungan. Jangan pernah tergiur iming-iming tiket murah. Berikut ini kutipan artikel dari bandaraonline.com :

Akhir-akhir ini mulai marak penipuan dengan modus operandi menggunakan jasa penjualan ticket murah. Khusus penjualan ticket melalui B2C ( pembelian ticket melalui reservasi online di internet ), telah disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, yaitu membeli ticket dengan menggunakan Credit Card palsu atau Credit Card curian.

Yang menjadi korban adalah orang-orang yang tegiur oleh iklan di media cetak atau bujuk rayu oknum yang tidak bertanggung jawab dengan dalih menyediakan ticket murah. Oknum penipu biasanya beroperasi dengan menggunakan iklan kolom di media cetak. Oknum penjual ticket tidak pernah bertatap muka dengan calon pembeli, cukup berhubungan melalui telepon.

Tiket yang ditawarkan tersebut biasanya berupa tiket elektronik (E-Ticket) yang dibeli oleh oknum-oknum tersebut melalui website milik maskapai penerbangan dengan menggunakan kartu kredit palsu atau kartu kredit milik orang lain (curian).

Calon penumpang yang tergiur dengan tiket murah dan membeli tiket tersebut akan menjadi korban karena maskapai penerbangan akan meminta calon penumpang untuk menunjukkan kartu kredit yang dipergunakan pada saat melakukan pembayaran melalui internet untuk dilakukan pencocokan dan apabila tidak dapat menunjukkan kartu tersebut maka calon penumpang tidak akan diterima untuk ikut dalam penerbangan tersebut. Bagi calon penumpang yang tetap ingin berangkat harus membeli tiket baru sesuai harga yang berlaku saat itu.

Oknum Penipu biasanya tidak menyertakan alamat jelas. Transaksi yang dilakukan cukup melalui telepon, ym, dan email. Bahkan oknum penipu biasanya mempunyai website dengan tampilan yang profesional dan nama domain yang cukup keren yang nyaris tidak bisa dibedakan dengan website travel agent yang sesungguhnya.


Perbedaan Travel Agent Resmi dan Travel Agent Gadungan

Jika Anda melakukan transaksi pembelian tiket secara online baik itu via telepon, ym, email, ataupun website, agar anda tidak menjadi korban penipuan, anda harus lebih teliti membedakan mana travel agent resmi dan mana travel agent yang gadungan. Berikut sedikit petunjuk untuk membantu Anda membedakan :

TRAVEL AGENT RESMI
  • Jangan tertipu penampilan dan nama website yang keren. Travel agent resmi biasanya menyertakan alamat yang jelas. Tidak hanya alamat kantor, biasanya tercantum juga nomor telepon yang jelas, alamat akun facebook, twitter, atau alamat akun lainnya. Dan di semua akun tersebut, alamat dan nomor telepon yang diberikan selalu sama.
  • Akan memberikan anda kode booking dan mengirimkan e-ticket sebelum meminta pembayaran.
  • Akan memberikan anda tiket asli dari maskapai dalam bentuk .pdf
  • Akan memberikan harga tiket yang tidak jauh berbeda dari travel agent lainnya, karena pada dasarnya seluruh travel agent resmi menggunakan sistem software reservasi yang sama. Jadi tidak mungkin akan ada perbedaan harga tiket yang jauh berbeda antara travel agent satu dengan lainnya. Kalaupun ada, itu hanya bisa dilakukan oleh travel agent besar yang keberadaannya jelas dan tidak sulit dilacak. Setahu saya untuk website online yang bisa menyediakan harga tiket yang agak berbeda dari travel agent lainnya hanya tiket2.com
  • Akan memberikan anda tiket sesuai nama yang tercantum dalam KTP / SIM anda.

TRAVEL AGENT GADUNGAN
  • Tidak pernah mencantumkan alamat yang jelas. Lihat bagian "Hubungi Kami", seharusnya disana tertera alamat yang jelas. Jika yang tertera hanya nomor telepon, atau alamat website, atau cuma alamat email dan id YM, atau malah anda disuruh mengisi formulir pesan saja, maka Anda patut curiga. Apalagi jika nomor teleponnya selalu berubah-ubah.
  • Akan selalu meminta pembayaran di depan untuk mengeluarkan kode booking dan mengirim tiket yang anda pesan. Sekedar info : kode booking bisa anda dapatkan tanpa harus melakukan pembayaran. Jika anda memesan tiket dan belum mendapatkan kode booking, mintalah kode bookingnya. Ingat, minta kode booking baru bayar, dan jangan sebaliknya, yaitu bayar dulu baru diberikan kode booking.
  • Tidak akan pernah memberikan anda tiket asli dari maskapai. Anda tidak akan pernah mendapatkan tiket anda walau anda menelpon dan membentak beribu-ribu kali. Bahkan mereka akan meminta anda untuk mencetak tiket langsung ke bandara.
  • Akan menawarkan tiket murah dengan harga yang jauh berbeda dan tidak bisa anda dapatkan dari travel agent manapun.
  • Akan memberikan anda tiket yang tidak sesuai nama yang tercantum dalam KTP / SIM anda, dengan dalih tiket tersebut adalah tiket yang tidak terpakai karena tidak jadi berangkat.

Demikian sedikit tips untuk membedakan travel agent resmi dan gadungan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi calon penumpang.


by : DewataTourTravel

sms center : 0898 3760 487 | call center : 031 9104 9044 | ym : dewata_tourtravel

KOMENTAR FACEBOOK